Polda Riau Tahan Petinggi PT SSS Tersangka Karhutla

Selasa, 08 Oktober 2019 - 10:12:00 WIB

SUARA PEKANBARU - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau menahan pimpinan PT Sumber Sawit Sejahtera (SSS) berinisial OAH. Dia dinilai paling bertanggung jawab atas kebakaran lahan PT SSS seluas 150 hektare.

"Benar. AOH penanggung jawab untuk tersangka PT SSS ditahan tadi malam (Senin malam)," ujar Direktur Reskrimsus Polda Riau, AKBP Andri Sudarmadi, di Pekanbaru, Selasa (8/10/2019).

Andri belum mau memaparkan secara rinci identitas dan jabatan OAH di PT SSS. Dia berjanji akan memberikan keterangan pers terkait penahanan salah seorang pimpinan di perusahaan perkebunan kelapa sawit itu.

PT SSS di Desa Pangkalan Terap, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, ditetapkan sebagai tersangka dugaan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada awal Agustus 2019 lalu. Perusahaan itu lalai menjaga lahan konsesinya.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pold Sunarto, mengatakan, penyelidikan terhadap PT SSS sudah dilakukan sejak Februari 2019 lalu. Dimulai dari ditemukannya titik api, rambatan api, assessment dan kesiapan perusahaan dalam penanganan kebakaran hingga perkara ditingkatkan ke penyidikan .

Sunarto menjelaskan, proses penyelidikan hingga peningkatan status ke tahap penyidikan perkara Karhutla melibatkan korporasi membutuhkan waktu lama. Penyidik harus memperhitungkan konstruksi hukum secara matang, termasuk mempelajari data hingga keterangan dari ahli.

Dalam proses penyidikan, Polda Riau sudah meminta keterangan dari pihak perusahaan. Mulai dari direktur utama perusahaan, direktur, Humas dan lainnya. Di antaranya, OAH.

PT SSS merupakan korporasi pertama yang ditetapkan sebagai tersangka Karhutla pada 2019 . Selain korporasi, Polda Riau dan jajaran juga sudah menetapkan puluhan tersangka perorangan.*