News

Portal Jalan Pesantren Akan Kembali Dipasang, Nggak Kapok?

 

SUARA PEKANBARU - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, segera pasang kembali besi portal di Jalan Pesantren guna hindari truk tonase besar masuk kota. Besi portal yang patah akibat ditabrak truk beberapa waktu lalu itu masih diperbaiki.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Pekanbaru, Khairunnas mengatakan, besi portal yang dipasang tersebut berfungsi menjadi penghalang truk bertonase besar agar tidak bisa melintas masuk ke jalan dalam kota.

"Portal belum dipasang karena masih dalam proses perbaikan karena besinya bengkok," terang Khairunnas, Senin (23/10).

Dijelaskannya, agar besi portal itu kokoh dan tidak mudah patah lagi, maka besi portalnya akan dilapisi. Pemasangan segera dilakukan di lokasi yang sama untuk penertiban truk tonase besar.

"Nanti besi portalnya akan kami lapisi. Jadi masing-masing tiang itu akan dilapisi. Biar kokoh dan aman, tidak mudah patah lagi. Kami berharap besi portal itu segera dipasang. Untuk tinggi portalnya sama seperti sebelumnya yaitu tiga meter," jelasnya.

Sebelumnya portal tersebut belum lama dipasang Dishub Kota Pekanbaru bersama pihak ketiga, tetapi saat ini kondisinya patah akibat ditabrak truk bertonase besar.

Khairunnas mengungkapkan, padahal di lokasi tempat portal dipasang tersebut sudah ada rambu-rambu larangan truk bertonase besar. Bahkan maksimal tinggi kendaraan yang lewat adalah tiga meter. Tetapi masih ada aja sopir yang membandel dan malah menabrak portal.

Diketahui, portal besi tersebut sudah dipasang dengan tujuan agar kendaraan bertonase besar khususnya truk yang memiliki ketinggian di atas tiga meter, berat delqpan ton tidak melintas dalam Kota Pekanbaru, dan diarahkan melewati pinggiran kota yang rutenya sudah ditetapkan hanya boleh melintas pukul 22-00 WIB sampai dengan 05.00 WIB.