News

Gubri Syamsuar Minta Pemenuhan Hak Anak Ditingkatkan

 

SUARA PEKANBARU - Pemerintah pusat bersama pemerintah daerah telah berkomitmen untuk memenuhi hak-hak anak. Di antaranya memberikan kebutuhan dan pelayanan di bidang pendidikan dan kesehatan.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan, sangat penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hidup, tumbuh, dan berkembang. Menurutnya, seorang anak merupakan potensi besar sekaligus penerus cita-cita perjuangan negara yang memiliki peran strategis dalam pembangunan.

“Terkait sarana pendidikan dan kesehatan sudah kita laksanakan. Termasuk yang berkaitan dengan pengurusan Kartu Keluarga dan KTP juga sudah dilaksanakan. Lalu, untuk anak-anak yang putus sekolah sudah ada kebijakan dari pemerintah," ucap Syamsuar saat  memperingati Hari Anak Nasional tingkat Provinsi Riau di taman rekreasi Alam Mayang, Kota Pekanbaru, Sabtu (23/09/2023).

 

Diungkapkan dia, bahwa seluruh pemerintah kabupaten/kota dan pemerintah provinsi di Riau telah meraih penghargaan daerah layak anak dari pemerintah pusat.

"Oleh karna itu, tentu harus kita pelihara dan kita tingkatkan berkaitan perhatian terhadap pemenuhan hak anak dan perlindungan anak,” ujarnya.