News

Gubri Syamsuar Luncurkan Maqari, Apa Itu?

SUARA PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar secara langsung resmi meluncurkan Majelis Alquran Riau (Maqari) di Gedung Daerah Balai Serindit, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Senin (20/02/2023).

Untuk diketahui, Maqari merupakan program dan upaya dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk melahirkan generasi muda Riau qurani yang berwawasan kebangsaan.

Pada acara peluncuran yang bertema "Iftitah Maqari" tersebut tampak hadir jajaran dari Organisasi Perangkat Daerah Pemprov Riau, dan Pemerintah Kabupaten/Kota, Forkopimda. Kemudian, para ulama majelis quran di Saudi Arabia yang terhubung melalui virtual.

 

Mengawali pertemuan ini, Direktur Maqari, Ustadz Mustafa Umar mengatakan, Maqari ini merupakan peserta majelis quran angkatan pertama terdiri dari 20 orang anak yang sudah menghafal 30 juz Alquran.

“Sebagian besar dari mereka bukan hanya hafal Alquran 30 juz tetapi juga mengetahui kedudukan ayat di dalam Alquran, apabila kita baca pangkal ayat mereka ini akan dapat menyambungnya,” katanya.

Ustadz Mustafa menjelaskan, peserta Maqari ini juga apabila diuji, mereka mengetahui letak bacaan dari surat mana, halaman berapa, ayat ke berapa, kanan atau kiri dari halaman Alquran atas atau bawah.