News

Tahun Depan, 3 Koridor Feeder di Pekanbaru Akan Dibuka

SUARA PEKANBARU - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru bakal membuka tiga koridor untuk trayek angkutan feeder pada tahun 2022. Tiga koridor ini rencananya bakal mulai dibuka pada bulan Mei tahun depan.

Kepala Dishub Kota Pekanbaru, Yuliarso menyebut, tiga koridor ini diantaranya pada Kecamatan Bina Widya, Kecamatan Rumbai, dan Rumbai Timur.

"Sudah kita siapkan. Jadi tahap awal ada tiga koridor. Kita sudah ajukan pada bapak walikota," ujar Yuliarso, Senin (27/12).

Menurutnya, saat ini pihaknya masih dalam persiapan. Mereka mempersiapkan pengadaan unit kendaraan feeder. Kemudian terkait skema penunjukan pengelolaan angkutan oleh operator.

"Apakah kita (Dishub) yang kita kelola sendiri atau menggunakan pihak ketiga. Kita juga siapkan personil, unit, maupun keuangan," terangnya.

Dirinya juga mengkaji pengelolaan angkutan feeder. Apakah lebih efektif dikelola langsung Dishub atau melalui pihak swasta.

Ia menyebut, nantinya angkutan feeder melayani sebanyak 11 koridor. Tahap awal angkutan feeder akan melayani di pemukiman padat penduduk. Kendaraan feeder ini berbentuk minibus dengan kapasitas penumpang hingga sembilan orang.

Angkutan feeder ini nantinya akan menjadi angkutan pendukung layanan bus Trans Metro Pekanbaru (TMP).