Infoterial

Dispusip Tingkatkan Layanan Smart Library di MPP Pekanbaru

SUARA PEKANBARU - Masyarakat yang mengunjungi Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru bisa mendatangi smart library. Lokasi perpustakaan pintar ini berada di arena play ground MPP.

Para pengunjung yang membawa anak bisa bermain di sana. Mereka juga bisa membaca aneka buku di smart library yang dikelola Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru.

Kepala Dispusip Kota Pekanbaru Nelfiyonna, mengaku akan meningkatkan layanan di smart library di areal MPP. Masyarakat yang hendak jadi anggota Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru bisa mendaftar di sana.

"Jadi, tahun 2020 ini kami berupaya tingkatkan layanan di smart library. Nanti juga bisa pinjam buku di sana," terangnya, Kemarin.

Menurutnya, para pengunjung smart library bisa mengakses digital library Kota Pekanbaru. Ada 8.000 judul buku digital di sana.

Dijelaskannya, proses mendaftarnya pun bisa lewat gawai. Nantinya buku bisa dipinjam secara digital. Ada dua petugas yang bakal melayani para pengunjung smart library. Pengunjung bisa menikmati aneka bacaan saat bersantai di areal play ground.

Disampaikan Nelfiyonna, koleksi buku di smart library nantinya tidak cuma buku anak. Ada juga buku soft skill dan genre lainnya.

Ia mengungkapkan, keberadaan smart library ini tidak cuma membudayakan gemar membaca di MPP Pekanbaru. Adanya perpustakaan juga untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat. 

Mereka bisa berkunjung ke Perpustakaan Umum Kota di Jalan Dr. Sutomo. Ada banyak koleksi buku dan aneka kegiatan di perpustakaan tersebut.

"Ada wisata buku dan arsip. Masyarakat juga bisa meminjam buku koleksi di perpustakaan," paparnya.*